Tips Agar Kualitas Video TikTok Jernih

Tips Agar Kualitas Video TikTok Jernih

Kualitas video buram bikin kita kurang percaya diri saat berekspresi. Artikel kali ini akan membagikan tips agar kualitas video TikTok jernih.

TikTok sudah menjadi aplikasi yang sangat populer. Meski media sosial ini termasuk pendatang baru, TikTok menawarkan fitur-fitur yang tidak kalah lengkap dan dalam beberapa aspek memiliki keunggulan ketimbang aplikasi saingannya yang sudah lebih dulu eksis.

Sedari awal kemunculannya, TikTok terkenal sebagai platform streaming video dengan durasi pendek. Banyak konten kreator yang merambah TikTok dan menjadi sukses di aplikasi buatan negeri Tiongkok ini.

Namun, bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki kekurangan, hal yang paling sering menjadi kendala para kreator TikTok adalah kualitas video yang mereka upload kurang jernih. Akibatnya, videonya kurang engangement, tidak menarik audience, dan sulit untuk masuk FYP (For Your Page). Padahal isi konten sudah menarik, namun tetap saja penampilan harus nomor 1, terutama untuk platform yang mengutamakan daya tarik visual.

Tentu kendala kualitas video rendah dapat teratasi dengan menerapkan beberapa tips berikut:

1. Manfaatkan Fitur Upload Video Full HD 1080p

Tahun lalu, TikTok meluncurkan fitur terbarunya yakni pengaturan video berkualitas full HD 1080. Para pengguna tidak perlu khawatir kualitas videonya menjadi downgrade saat ter-unggah di TikTok. Fitur ini penggunaannya sangat mudah dan otomatis. Adapun langkah-langkah upload video HD di TikTok dengan fitur ini yakni:

1). Buka aplikasi TikTok versi terbaru. Lakukan tahap pembuatan akun terlebih dahulu apabila belum memiliki akun.
2). Jika sudah masuk homepage profil pribadi, klik tombol “+” yang ada di bagian bawah.
3). Setelah itu tekan upload dan pilih video dari galeri ponsel.
4). Pilih “Next” dan tekan “more option” dan aktifkan toogle Upload HD.
5). Jika selesai pengaturannya, video akan ter-unggah secara otomatis dengan kualitas full HD.

Meski begitu, fitur video full HD 1080p hanya tersedia di beberapa negara saja. Menurut pengamatan kami, TikTok versi terbaru di wilayah Indonesia masih belum menyediakan fitur ini.

Tidak perlu khawatir, simak trik selanjutnya agar video TikTok-mu tetap berkualitas jernih meski tidak memakai fitur tambahan.

2. Mengatur Pencahayaan

Selain mengatur resolusi video, cara lain agar kualitas video jernih adalah dengan mengatur pencahayaan selama proses perekaman video. Pastinya kamu tidak berminat melihat video yang gelap dan tidak terlalu jelas visualnya. Pencahayaan yang berlebihan juga tidak baik dan akan mengurangi kualitas visual dalam video.

Beberapa cara berikut dapat kamu terapkan agar pencahayaan dalam video berimbang:

1). Ketika merekam video, jangan pilih tempat yang membelakangi cahaya. Karena sudah dipastikan hasil rekamanmu akan lebih gelap.

2). Usahakan untuk melakukan perekaman di pagi hari, dan posisinya dekat dengan lighting alami alias sinar matahari. Namun merekam video langsung di bawah terik sinar matahari juga tidak akan baik hasilnya. Paling bagus adalah dengan mencari posisi dan waktu saat pencahayaan matahari bagus agar hasil maksimal. Dalam dunia fotografi, disebut dengan “Golden Hour” atau “Magic Hour”.

3). Apabila proses perekaman dilakukan saat cuaca mendung atau ruangan yang gelap, maka cara lainnya adalah dengan menggunakan lampu tambahan, seperti ringlight. Alat ini sudah banyak digunakan oleh konten kreator saat perekaman video TikTok, YouTube, maupun Instagram. Harga ringlight juga terjangkau dan dapat ditemukan di toko online maupun offline manapun.

Ilustrasi kreator TikTok menggunakan ringlight (sumber: https://www.pexels.com)

4). Cara pamungkas yang praktis namun lumayan merogoh kocek adalah membeli gadget dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi. Tentu kebutuhan setiap orang berbeda-beda, tergantung tujuan dari pembuatan konten. Apabila target konten yang kamu buat membutuhkan kualitas visual tinggi, maka membeli kamera baru adalah pilihan yang pas.

3. Gunakan Aplikasi Pengedit Video

Untuk menghasilkan video yang jernih dan berkualitas juga dapat memanfaatkan aplikasi pengedit video. Aplikasi editing video saat ini banyak tersedia baik untuk smartphone maupun PC. Dengan aplikasi editing, kita dapat mengatur resolusi video dan pencahayaan. Dengan fitur otomatis seperti filter, video memiliki visual yang biasa saja dapat menjadi aesthetic.

Memang dengan menggunakan aplikasi editing tidak secara otomatis video dapat menjadi lebih bagus, banyak hal lain yang berpengaruh seperti skill editing penggunanya, kreativitas, dan jenis aplikasi editing, semakin profesional aplikasinya maka hasilnya juga semakin baik.

Aplikasi editing video untuk android yang dapat kami sarankan yakni seperti KineMaster Pro Video Editor, InShot, Adobe Premiere Rush, Power Director, VizMato. Adapun untuk PC aplikasi yang populer yakni Adobe Premiere Pro, Apple iMovie, Lightworks, Camtasia, Corel Video Studio, DaVinci Resolve.

4. Menonaktifkan Data Saver

Melansir dari Kumparan Tekno, salah satu sebab kualitas video TikTok rendah dikarenakan pengguna mengaktifkan data saver atau penghemat data. Nah, agar hasil upload video di TikTok maksimal, kamu bisa menonaktifkan data saver yang ada di pengaturan.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktfikan data saver:

1). Buka halaman profilmu di TikTok
2). Kemudian buka Settings and Privacy
3). Di bagian Cache & Cellular Data, klik Data Saver
4). Kemudian matikan tombol Data Saver yang semula hijau.

Beberapa cara tersebut bisa kamu terapkan salah satu atau kesemuanya. Hal yang terpenting adalah hasil video TikTok-mu berkualitas maksimal agar mendatangkan engagement yang tinggi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Halo kak ada yang bisa kami bantu?
Halo kak ada yang bisa kami bantu atau di tanyakan?