5 Platform Webinar Selain Zoom

Seminar online (webinar) tampaknya semakin lebih dipilih masyarakat, karena selain praktis dan tentunya sangat hemat budget. Secara umum, masyarakat lebih mengenal Zoom sebagai paltform webinar, namun sebenarnya masih ada banyak platform lain yang bisa mendukung acara webinar. Jangan salah, platform berikut ini nggak kalah canggih fiturnya!

Berikut 5 platform webinar selain zoom yang bisa jadi alternatif meeting online-mu:

1. Demio

Demio dapat menjadi alternatif platform webinar dengan desain yang minimalis. Berbagai fitur dalam aplikasi ini tidak kalah lengkap dan tentunya sangat mendukung ancara webinar-mu dengan banyak peserta.

Platform Webinar Demio
Tampilan meeting aplikasi Demio

Aplikasi ini tidak gratis, namun kamu tetap bisa menggunakan layanan Demio pada masa uji coba. Dilansir dari website resmi Demio, kelebihan menggunakan akun premium Demio adalah kamu dapat mengakses berbagai fitur canggih.

Selain itu, Demio juga menyediakan 3 paket dengan kecanggihan fitur yang berbeda, yakni paket starter, growth, dan business.

2. Livestorm

Aplikasi Livestrom ini cocok digunakan untuk keperluan bisnis. Aplikasi ini berguna untuk memfasilitasi rapat kerja, kursus online, webinar, dan kegiatan bisnis lainnya.

Melansir dari laman resmi Livestorm, fitur dalam Livestrom di antaranya adalah Webinar On-Demand, Live Webinar, dan Automated Webinar. Selain itu ada pula fitur instan meeting dan fitur scheduled meeting .

Platform webinar Livestorm
Tampilan meeting aplikasi Livestorm

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak mendukung untuk peserta dengan kapasitas 1000 orang.

Melansir dari website resminya, aplikasi ini berbayar, kendati demikian mereka menyediakan banyak fitur canggih bagi penggunanya.

3. Google Hangouts

Salah satu anak dari produk Google dengan fitur minimalis ini, cocok buat kamu yang baru pertama kali membuat acara webinar. Sama seperti Zoom, pengguna Google Hangouts dapat melakukan screen sharing berupa gambar atau slide PPT kepada audience.

Pemakaiannya pun tergolong mudah dan tidak jauh berbeda seperti Google Meet. Selain itu kamu juga dapat menyambungkan aplikasi ini ke Google Calendar, sehingga webinar atau rapat online-mu lebih terjadwal.

Platform webinar Google Hangouts
Tampilan meeting Google Hangouts (source: https://kumparan.com)

Google sendiri menggratiskan aplikasi Google Hangouts ini. Kamu dapat memulai meeting online melalui website resminya atau mendownload aplikasi Google Hangouts di play store.

4. EZTalks

Dapat dikatakan, EZTalks merupakan salah satu platform webinar yang popular selama pandemi. Bagaimana tidak, aplikasi ini memiliki desain yang cukup mudah saat menggunakannya.

Platform webinar EZTalks
Tampilan meeting aplikasi EZTalks (source: https://eztalks.com/)

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat memberikan tampilan screen HD dan kualitas audio yang jernih. Kamu juga bisa melakukan screen sharing ke peserta lain.

Aplikasi EZTalks sendiri gratis, namun untuk menggunakan beberapa fitur yang lebih canggih, pengguna harus membayar.

5. Webex

Webex adalah platform untuk mengadakan konferensi online maupun meeting, yang terbilang cukup aman, karena data pengguna akan terenkripsi secara otomatis saat online.

Aplikasi Webex merupakan salah satu produk Cisco, yang memungkinkan para peserta meeting melakukan konferensi video atau webinar, meeting in person, kolaborasi tim, manajemen acara, sampai kelas atau pelatihan online.

Platform webinar Webex
Tampilan meeting aplikasi Webex

Para peserta juga dapat menggunakan Webex melalui perangkat PC atau mobile. Melansir dari laman resmi Webex, platform ini termasuk berbayar.

Itulah 5 platform webinar selain Zoom yang dapat menjadi alternatif acara online-mu. Pastikan agar kamu memilih platform yang berkualitas dan perangkat streaming yang kamu gunakan juga harus memadai.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.