Mirip Instagram, Sekarang TikTok Punya Fitur Stories!

Mirip Instagram, Sekarang TikTok Punya Fitur Stories!

Tak mau ketinggalan dengan Instagram, kini TikTok juga menyediakan fitur stories.

TikTok menjadi salah satu aplikasi rating atas yang banyak ter-unduh oleh seluruh pengguna di dunia. Dikabarkan TikTok sedang melakukan uji coba fitur stories. Sebenarnya mereka sudah mengumumkan uji coba ini sejak Agustus 2021. Pada bulan Maret 2022, para pengguna di aplikasi TikTok di Indonesia sudah dapat mengakses uji coba fitur stories. Sebelumnya, yang dapat mengakses TikTok Stories adalah pengguna yang tinggal di Amerika dan Britania Raya.

Melansir dari kompas.com, sesuai dengan update terbaru dari KompasTekno, Selasa (22/4/2022) TikTok Stories sudah tersedia di aplikasi TikTok versi 24.2.4 di ponsel Android.

Pengguna yang sudah mendapatkan versi terbaru TikTok dengan fitur Stories akan mendapatkan notifikasi sebagaimana gambar berikut:

Sekarang TikTok punya fitur Stories mirip Instagram
Sumber: https://www.dexerto.com/

Cara Membuat Stories

Adapun cara untuk mengupload foto atau video pada TikTok Stories, tidak jauh berbeda dengan Instagram. Untuk TikTok, pengguna dapat meng-klik ikon “+” yang tersedia di halaman depan profil pengguna.

Selain itu, para pengguna TikTok Stories dapat mengunggah foto atau video. Untuk video, pengguna dapat mengambil video dari galeri ponsel melalui opsi “upload”. Durasi maksimal video yang dapat ter-upload ke TikTok Stories adalah 10 menit. Bila pengguna ingin langsung merekam video melalui fitur Stories, rekaman video maksimal hanya berdurasi 15 detik saja.

Cara mengupload foto juga tidak berbeda dengan upload video, klik ikon “+” pada halaman profil depan, kemudian pilih upload foto dari galeri ponsel. Pengguna juga dapat menambah sticker, efek, ataupun musik pada stories. Sama seperti Instagram, konten yang ter-unggah di TikTok akan menghilang secara otomatis setelah 24 jam.

Melansir dari hitekno.com, TikTok Stories juga memungkinkan para pengguna TikTok untuk memberikan komentar dan likes pada Stories pengguna lain. Bedanya dengan Instagram, komentar pada TikTok Stories tampil terbuka, sedangkan komentar pada Instagram Stories hanya dapat terihat oleh pembuat cerita lewat DM (Direct Message).

Perbedaan selainnya dengan Instagram Stories yakni, pengguna tidak dapat mengetahui siapa saja yang sudah melihat stories-nya, berbeda dengan Instagram yang langsung dapat mengetahui siapa saja yang telah melihat stories kita.

Perkembangan teknologi pada masa kini semakin cepat dan masing-masing perusahaan teknologi bersaing ketat untuk mendapatkan atensi pengguna medsos. Kini platform streaming video tidak hanya YouTube saja namun merambah ke aplikasi yang notabene hanya untuk konten berbasis gambar.

1 komentar untuk “Mirip Instagram, Sekarang TikTok Punya Fitur Stories!”

  1. Pingback: Viral! Filter Menangis di TikTok & Instagram, Begini Cara Menggunakan - Media Bersaudara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Halo kak ada yang bisa kami bantu?
Halo kak ada yang bisa kami bantu atau di tanyakan?