Jelajah Virtual ‘Lebih Nyata’ dengan Google Maps Immersive View

Siapa sih yang nggak pengen keliling dunia gratis? jalan-jalan ke kota London? mampir ke restoran terkenal Italia? atau pengen tau suasana jalanan Kota Seoul, Korea?
Sekarang kamu bisa jelajah virtual dengan Google Maps Immersive View. Jalan-jalan serasa lebih nyata!

Kalau kamu sering menggunakan Google Maps untuk panduan perjalanan, pasti tidak asing dengan fitur Google Street View. Dalam fitur tersebut, selain dapat melihat rute perjalanan, pengguna juga dapat melihat suasana tempat secara 3D. Dengan tampilan 3D di Google Street View, kita dapat menelusuri pemandangan berbagai sudut kota hanya bermodalkan smartphone atau PC.

Pada 11 Mei 2022, Google mengumumkan peluncuran fitur Immersive View saat acara Google I/O ‘22. Di acara yang mengundang banyak developer tersebut, Google memamerkan beragam inovasi terbarunya termasuk fitur ter-update Google Maps. Akun Twitter official Google (@Google) juga mengumumkan kabar peluncuran fitur terbaru ini.

Tampilan Canggih Google Maps Immersive View

Immersive View memungkinkan kita melihat tempat secara virtual dengan semakin nyata. Berbeda dengan Google Street View sebelumnya, dengan Immersive View, sebuah wilayah atau bangunan dapat terlihat secara lengkap, seperti lingkungan sekitar bangunan, bentuk bangunan secara detail, sampai suasana di dalam bangunan.

Misalnya, ingin melihat sebuah restoran yang belum pernah kita kunjungi. Immersive View dapat menampilkan pemandangan di sekitar restoran, arsitektur bangunan, dan juga interior di dalam restoran, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Cinnamon Club Restaurant on Immersive View
Restoran Cinnamon Club dari berbagai sudut pandang

Untuk wilayah, pengguna dapat menampilkan kondisi lingkungan di wilayah tersebut dengan sangat jelas, misalnya pemandangan sungai, kebun, lapangan sepak bola, taman, dsb. Bedanya dengan Google Street View, melalui mode Immersive View, kita dapat melihat penampilan suasana wilayah berdasarkan jam. Pengguna juga dapat juga melihat tampilan wilayah dengan versi cuaca yang berbeda.

Ini contoh tampilannya:

Big Ben on Immersive View
Pemandangan Big Ben pada jam dan cuaca yang berbeda

Google Maps dengan mode Immersive View ini dapat diakses oleh hampir semua jenis ponsel dan gadget lainnya.

Melihat Peta Seperti Bermain Video Games

Melansir dari The Verge, fitur Immersive View mengkombinasikan citra satelit dengan Google Street View. Dengan pemrograman AI disertai komputer super canggih, jadilah fitur Immersive View dimana para pengguna dapat melihat pemandangan secara lebih nyata dan tiga dimensi, persis seperti bermain video games dengan visual 3D.

Liz Reid selaku VP Engineering Google menyatakan bahwa, memang target pembuatan mode ini agar para pengguna memiliki pengalaman jelajah lebih nyata.

“Seolah-olah Anda berada di sana,” ungkap Liz.

Hanya saja, sementara ini Google Maps Immersive View hanya mencakup 4 kota besar di dunia seperti Tokyo, San Francisco, New York, Los Angels, dan London. Nantinya, pihak Google Maps terus menambah cakupan kota lain di dunia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.