Tips Jitu Cara Mengatasi Writer’s Block

Solusi Mudah Cara Mengatasi Writers Block

cara mengatasi writers block

Setiap manusia memiliki kapasitas pikiran yang berbeda-beda. Hal ini tentunya sangat lumrah diterima oleh setiap manusia. Berikut ditemukan istilah baru tentang bagaimana cara mengatasi Writers block namanya, merupakan kondisi yang sering dialami oleh Sebagian penulis. Penulis ini berada dalam posisi yang tidak tahu arah, untuk menuliskan apa yang ada di pikirannya.

Bukan hanya penulis baru, penulis melegenda dan terkenal lainnya seperti JK. Rowling pun pasti pernah merasakan yang namanya writer’sblok atau ide mati. Secara umum, writer’s block atau ide mati memiliki tanda-tanda ilmiah. Namun, sebagian orang akan memiliki tanda yang berbeda pula.

Salah satunya ialah kehilangan fokus hingga mengakibatkan pikiran dan stress yang berkelanjutan. Membuat para penulis tidak dapat melanjutkan topik pembahasan yang ditulisnya. Tiap penulis pastinya memiliki cara yang berbeda untuk menghilangkan pikiran kurang focus tersebut. Penulis bisa saja mengalihkan pikirannya sejenak kepada kegiatan atau hal lainnya.

Tanda lainnya ialah pikiran hingga stress yang tidak berkelanjutan yang berjalan terus-menerus. Posisi kedua ini ialah menyebabkan penulis kehilangan inspirasinya dan waktu yang dikerjakan pun semakin lama. Meskipun stress bisa kita hilangkan dengan menghilangkan pikiran yang telah tersugesti menjadi pikiran penuh nilai positifi.

Selain itu, juga adanya kondisi bernama brain fog atau istilahnya pikiran menjadi blank. Salah satu contohnya ialah, kondisi saat diri sendiri lupa untuk membicarakan sesuatu yang sedang diperbincangkan secara mendadak/tiba-tiba. Atau saat berjalan ingin mengambil kapas wajah, namun di tengah perjalanan lupa. Hal ini tentu nya juga lumrah dialami oleh sebagian orang.

Writer’s block atau ide mati biasanya dialami oleh penulis yang memiliki sikap terlalu perfeksionis terhadap tulisan yang dibuatnya. Menjadi seseorang yang perfeksionis bukanlah sesuatu yang buruk, namun jika kondisi ini terlalu dipaksakan akan membuat setiap pengerjaan menjadi lama untuk terselesaikan.

Selain itu, kondisi ini juga diakibatkan karena diri kita merasa burn out atau merasa diri ini kelelahan dalam segi fisik, pikiran, mental dan sisi emosional lainnya. Cukup perlakukan dirimu untuk merasakan rehat sejenak agar tubuh tetap merasa fit dan sehat.

Salah satu cara, agar tubuh tidak merasa lelah dan tips cara mengatasi writers block atau ide mati ialah dengan menuliskan apapun hingga batin dan hati merasa lega tidak ada pikiran yang tertahan. Cara menuliskan sampai hati merasa lega ialah dengan menuliskan apapun yang terlintas dalam benak pikiran.

Selain itu, “Just Write Anything” dengan meluangkan waktu yang dimiliki untuk menulis apapun yang terlintas dalam benak pikiran seseorang. Jangan terlalu fokus dan memperhatikan cara penulisan berdasarkan format EYD (Ejaan yang Disempurnakan), dan rajinlah untuk membaca buku. Buat diri kamu untuk mencoba hal baru, dengan meluangkan waktu sejenak untuk membaca buku dalam 1  bulan sekali atau 1 minggu sekali. Membaca buku sangat memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh dan pikiran, membuka jendela pengetahuan lebih luas. Dalam meluangkan waktu untuk membaca buku, tentu diperlukan Namanya spot yang nyaman untuk menulis maupun membaca. pemilihan spot menulis dan membaca tiap penulis berbeda-beda. Adapun penulis yang suka menulis dengan cara mendengarkan lagu ataupun menyendiri di suatu tempat yang sepi dengan pemandangan yang indah.

Banyak sekali cara penulis untuk menghilangkan kebiasannya bernama writer’s block ini. namun dari sekian cara yang diberikan, tentu semuanya dapat dimulai dari diri kamu sendiri ya, guys! Tetap ikuti sosial media dan website kami yaaa di mediabersaudara!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.