Cara Bernegosiasi dalam Penjualan

Asah Kemampuan dengan menggunakan cara bernegosiasi dalam penjualan yang baik

cara bernegosiasi dalam penjualan yang baik

Saat ini, dunia komunikasi masih terus sangat diperbincangkan. Khususnya dalam hal bernegosiasi dengan orang lain. Perlu diketahui, arti “bernegosiasi” dalam laman KBBI ialah suatu proses tawar menawar dengan jalan berunding guna untuk mencapai suatu kesepakatan bersama diantara dua pihak (baik kelompok maupun organisasi), dalam dunia bernegosiasi ada suatu hasil antara kesepakatan sukses dan kegagalan.

Dalam hal bernegosiasi untuk mencapai arti kesuksesan diantara dua belah pihak, khususnya cara bernegosiasi dalam penjualan yang baik yakni:

Jangan pernah takut untuk mengatakan sesuatu yang diinginkan khususnya dalam hal meminta apa yang diinginkan. Dikatakan sebagai seorang negosiator suskes ialah jika bisa memiliki sikap yang tegas dalam menentukan sebuah pilihan yang berlawanan dengan tantangan yang diperlukan. Dalam hal ini, dibutuhkan suatu kesadaran dalam hal negosiasi. Kesadaran dalam hal negosiasi inilah yang akan memunculkan suatu perbedaan antara pihak negosiator dan semua orang di planet ini.

Berunding dengan seseorang yang memegang kekuasaan lebih dari Anda bisa menjadi prospek yang menakutkan. Apakah Anda meminta atasan Anda untuk tugas baru atau mencoba mendapatkan kesepakatan bisnis besar dengan klien, pendekatan Anda terhadap negosiasi dapat secara dramatis memengaruhi peluang Anda untuk sukses. Bagaimana Anda bisa membuat kasus terbaik untuk apa yang Anda inginkan?

Memiliki kekuatan biasanya mengurangi kemampuan seseorang untuk memahami bagaimana orang lain berpikir, melihat, dan merasakan, jadi berada di posisi yang kurang kuat sebenarnya memberi Anda pandangan yang lebih baik untuk menilai secara akurat apa yang diinginkan pihak lain dan cara terbaik untuk menyampaikannya.

Perlu untuk Mempersiapkan Diri Anda Sendiri

Dalam mempersiapkan sesuatu hal, sebelum maju untuk berperang alangkah baiknya untuk berani menghadapi dengan mempersiapkan diri Anda Sendiri. Tidak perlu takut, jika saat melangkah akan ada persaingan yang akan terjadi. Lihatlah persaingan sebagai suatu tujuan yang harus di raih.  Dalam menghadapi suatu persaingan perlu diadakannya suatu pengamatan lebih mendalam dengan mempertimbangkan keterampilan dan keahlian Anda serta apa yang tidak dimiliki oleh kandidat lain. Itulah yang dinamakan dengan negosiasi yang telah dilakukan oleh pihak lain karena suatu alasan,

Mencoba untuk memahami Tujuan yang dibuat

Sebelum melakukan pertemuan untuk bernegosiasi dengan pihak lain, cobalah untuk membuat daftar apa yang Anda inginkan dari negosiasi, dan mengapa. Latihan ini akan membantu Anda menentukan apa yang akan menyebabkan diri Anda merasa sangat jauh dan kurang berkesinambungan, sehingga dari proses ini dimunculkannya suatu proses untuk membangun strategi Anda. Dari hal inilah, kita semua bisa belajar untuk lebih terbuka dalam hal mempelajari motivasi, rintangan, dan tujuan yang hendak ingin di capai.

Mempersiapkan dengan Baik

Dalam suatu negosiasi, ada hal terpenting yakni bagaimana cara diri kita untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Cara mempersiapkan segalanya menjadi baik ialah dengan  melibatkan pihak lain untuk ikut serta dalam memberikan pendapat baiknya terlebih dahulu tentang solusi kreatif yang akan berhasil untuk kedua belah pihak. Misalnya, jika pihak Anda tidak mau mengalah dari segi nilai yang ditawarkan, maka salah satu caranya ialah dengan membuat penawaran dari segi proposal Anda yang bisa menjadi kontrak jangka panjang dengan penawaran harga yang mereka inginkan. Alih-alih juga menjamin pendapatan klien Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cobalah menjadi pendengar dan penanya

Langkah selanjutnya ialah, dengan membuat sebuah dua dari strategi paling ampuh untuk  diterapkan, yakni dengan menjadi pendengar yang mendengarkan dengan baik, yang membangun kepercayaan, dan mengajukan pertanyaan yang mendorong pihak lain untuk mempertahankan posisi mereka.

tunggu artikel kami selanjutnya ya! jangan lupa untuk like dan share yaaa di media bersaudara !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.